Dengan Semangat Kemerdekaan RI Ke-76 Kita Wujudkan SDM Yang Kreatif Dan Inovatif Dimasa Pandemi Covid-19

  • Bagikan

RagamOpini.com Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, jadi tema peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76, 17 Agustus 2021. Makna dari tema tersebut, adalah Indonesia tangguh menghadapi krisis yang selama ini menempa, salah satunya Pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 sudah 1.5 tahun melanda. Dalam webinar ini, menjadi pembelajaran untuk mengantarkan kita menjadi lebih tangguh, oleh karena itu mari kita tetap semangat, kreatif, dan inovatif, dalam bekerja, saling berkolaborasi, bersinergi dan saling berbagi.

Seminar Nasional bertema, “Dengan Semangat Kemerdekaan RI ke-76 Kita Wujudkan SDM Yang Kreatif dan Inovatif Dimasa Pandemi Covid -19”, yang diadakan Fakultas Ilmu Hukum Universitas Mpu Tantular (UMT) bekerjasama dengan BAPAS dan didukung Solusindo Kreatif Konsultan (SKK), Rabu (25/8/2021). Dengan kata sambutan oleh Netty Saraswaty, Bc. IP., S.H., M.Si. (Kepala Bapas Kelas I Jakarta Timur –Utara), Dr. Suyud Margono, SH., M.Hum., FCIArb (Dekan Fakultas Hukum Universitas Mpu Tantular & Ketua Umum AKHI), Bapak Edy Supriyanto (Dosen Hukum Univ. Mpu Tantular) dan Drs. Ibnu Chuldun, Bc. IP., S.H., M.Si. (Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta).

Baca Juga: Teropong Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19

Diwakilkan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Marselina Budiningsih, Bc. IP., S.H., M.H. ( Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta). Dikendalikan oleh moderator dari BAPAS Marlan Parakas, Amd.IP, S.H., M.Si dan Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom ( Universtas Mpu Tantular) dan pembawa acara Michael Carlos Kodoati, S.Fil (Mahasiswa Fakultas Ilmu hukum Universitas Mpu Tantular).

Kadiv Kumham DKI Jakarta, Marselina Budiningsih, Bc. IP., S.H., M.H yang mewakili sebagai Keynote Speaker menyampaikan bahwa tujuan melaksanakan seminar tersebut ialah untuk menumbuhkan semangat kemerdekaan di Masa Pandemi Covid-19 sekaligus memberikan wawasan dan pengetahuan untuk menjadi SDM yang kreatif dan inovatif.

Dalam kesempatan tersebut, Kadiv Kumham DKI Jakarta mewakili Kakanwil memberikan sambutan yakni agar Seminar Nasional dengan tema semangat Kemerdekaan RI ke-76, Kita Wujudkan SDM yang Kreatif dan Inovatif di masa pandemicovid-19 ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan bagi seluruh peserta, menjadikan SDM yang kreatif dan inovatif melalui nilai-nilai dasar yang sama yaitu “BERAKHLAK” yang artinya Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif dengan semboyan Bangga Melayani Bangsa.

M. Akbar Hadi Prabowo, SH., MH., Direktur Komunikasi Dan Jaringan BPP, menguraikan tentang pentingnya menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam peradaban digital, terutama gotong royong.

“Bahkan, di era pandemi, gotong royong perlu digiatkan yakni, menjadi agen yang mensosialisasikan protokol kesehatan, mengajak warga tidak antipati terhadap pasien atau jenazah korban Covid-19, dan membantu warga,” urainya.

Baca Juga: PDIP Tegaskan Kabar Megawati Soekarnoputri Dirawat di RS Hoaks

Dia meyakini, dengan semangat gotong royong, masalah pandemi akan dapat diselesaikan dengan baik. Sementara dibidang pendidikan ditengah situasi Pandemi Covid-19, Dr. Suyud Margono, SH.,M.Hum., FCIArb, selaku Dekan Fakultas Ilmu Hukum Universitas Mpu Tantular, mengatakan “Perubahan yang cepat dan tepat perlu dilakukan dalam menyikapi perkembangan jaman yang dipenuhi disrupsi sekarang ini.

Kemampuan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang unggul akan sanggup melakukannya.” Narasumber pemungkas, Dr. Busrizalti SH., MH., Praktisi Hukum dan Pokmas LIPAS, mengajak setiap orang untuk selalu belajar, mengupdate diri dengan perkembangan zaman. Diuraikan pula terkait psikologi dari bangsa yang merdeka, dimana harus diimbangi dengan pengetahuan yang baik serta menjaga kemerdekaan seutuhnya.

Selain paparan dari para Narasumber, Ibu Dr. Ina Heliany, SH., MH selaku Ketua Program Studi Ilmu Hukum Universitas Mpu Tantular juga diberi kesempatan untuk menyampaikan profil singkat tentang Fakultas Ilmu Hukum Universitas Mpu Tantular baik itu para tenaga pengajar SI dan S2, pencapaian lulusan, Fasilitas yang tersedia dan kegiatan apa saja selama pembelajaran di Fakultas Ilmu Hukum serta membuka kesempatan pendaftaran bagi Bapas untuk memilih tempat yang tepat di Fakultas Ilmu Hukum, Universitas Mpu Tantular.

Kesimpulan dari webinar ini ialah perlunya menanamkan nilai-nilai pancasila pada generasi muda, agar terciptanya SDM yang kreatif dan inovatif namun tetap cinta tanah air. Seiring dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi , dimulai dari diri sendiri untuk menjadi agen perubahan, menyebarkan hal-hal positif, mengecek terlebih dahulu berita-berita sebelum menyebarkannya.

Kata Sambutan:
– Netty Saraswaty, Bc. IP., S.H., M.Si. (Kepala Bapas Kelas I Jakarta Timur –Utara)
– Dr. Suyud Margono, SH., M.Hum., FCIArb (Dekan Fakultas Ilmu Hukum Universitas Mpu Tantular)
– Edy Supriyanto, SH., MH. (Direktur Utama Solusindo Kreatif Konsultan)
– Drs. Ibnu Chuldun, Bc. IP., S.H., M.Si. (Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta) – Diwakilkan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Marselina Budiningsih, Bc. IP., S.H., M.H.

Keynote Speaker :
– Drs. Ibnu Chuldun, Bc. IP., S.H., M.Si. (Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta) – Diwakilkan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Marselina Budiningsih, Bc. IP., S.H., M.H.

Narasumber:
– M. Akbar Hadi Prabowo, S.H., M.H (Direktur Komunikasi dan Jaringan BPP)
– Dr. Suyud Margono, SH., M.Hum., FCIArb (Dekan Fakultas Hukum Universitas Mpu Tantular & Ketua Umum AKHI)
– Dr. Busrizalti., S.H., M.H (Praktisi Hukum dan Pokmas LIPAS)

Moderator:
– Marlan Parakas, Amd.IP, S.H., M.Si
– Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom

Pembawa Acara:
– Michael C. Kodoati, S.Fil

Baca Juga: Menaker Ida : Sosialisasikan UU Cipta Kerja secara Intensif demi Kesamaan Pandangan

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *